Monday, April 20, 2015

Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah
1 keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb): pemogokan itu menjadi -- pemimpin serikat buruh; 
2 Huk fungsi menerima pembebanan, sbg akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain;

Jadi kalau diartikan tanggung jawab adalah suatu kesadaran manusia akan tingkah laku perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja, suatu kesadaran itu berupa keadaan menanggung dan bersedia disalahkan apabila terjadi apa apa.

Berbicara tentang tanggung jawab, saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai tanggung jawab. Beberapa bulan yang lalu saya diamanahkan oleh orang tua tepatnya ayah saya sebagai arsitek (walaupun bukan arsitek) dan bertanggung jawab penuh dalam pembuatan rumah yang akan dibangun orang tua saya tersebut.

Sebagai sebuah amanah saya menganggap itu perlu dipertanggung jawabkan dan ini adalah tugas yang telah saya terima. Dimulai dari pembuatan sketsa blue print, hingga bangunan tersebut benar benar jadi. Sebagai arsitek "gadungan" saya benar benar tidak tau apa-apa tentang hal tersebut. Saya mencari referensi dari berbagai situs-situs di internet, memulai sketsa dengan menggambar sampai membuat model 3dnya (waktu itu pakai game the sims 3 :D lebih gampang) setelah semuanya disetujui, akhirnya dimulailah pembangunan tersebut. Untuk meminimalisir kesalahan, setiap pagi dan sore hari saya berkunjung untuk melihat proses pembangunan tersebut, dari segi proses, detail dan lain sebagainya. 

Setelah hampir tujuh bulan proses pembangunan, akhirnya bangunan tersebut rampung. Ayah saya yang memberikan tugas tersebut cukup senang melihat hasilnya, dan saya pun senang dan dapat belajar bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan, walaupun pada dasarnya saya masih dibantu oleh orang lain. Pengalaman ini akan selalu saya ingat sebagai pelajaran tanggung jawab yang tak pernah saya lupakan, walaupun sederhana tetapi penuh dengan tanggung jawab.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India