Saturday, October 5, 2013

Pengalaman dalam Pengembangan Sistem Informasi

       Berbicara mengenai sistem banyak sekali kaitannya dengan kehidupan sehari hari dan juga berada disekitar kita. Pengertian dari sistem itu sendiri adalah kumpulan elemen elemen  yang memiliki fungsi berbeda beda dan saling berinteraksi serta mempunyai suatu tujuan yang sama.Beberapa contoh yang termasuk kedalam sistem dan berkaitan dengan kehidupan sehari hari diantaranya : sistem pencernaan, sistem pernapasan , sistem komputer, sistem jaringan dan masih banyak lainnya.
Sistem juga mempunyai karakteristik sendiri yaitu :


  • Komponen yaitu suatu bagian terkecil dari sistem yang sudah tidak bisa diurai lagi dan memiliki fungsi.
  • Batas Sistem yaitu sesuatu yang membatasi daerah antara sistem itu sendiri dengan lingkungan lainnya.
  • Lingkungan Luar adalah elemen yang berada diluar daerah sistem tetapi masih berhubungan dengan sistem itu sendiri.
  • Penghubung Sistem adalah media yang dapat menghubungi antara subsistem dengan subsistem lainnya.
  • Masukan adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem.
  • Pengolahan yaitu suatu proses pengubahan energi dari masukan menjadi suatu keluaran (hasil)
  • Keluaran yaitu hasil energi yang telah diolah.
  • Sasaran atau Tujuan merupakan bagian penting yang berupa goal dibentuknya sistem tersebut. 

      Selanjutnya saya akan bercerita tentang pengalaman saya waktu SMA melakukan pengembangan suatu sistem pemrograman tepatnya membuat kalkulator. Dalam pemrograman tersebut terdapat beberapa elemen yang berupa data data yang akan menjadi suatu masukan (input) yang berbentuk angka (numeric). Kemudian sebagai penghubung dari elemen elemen tersebut saya menggunakan engine yang berisikan koding yang dapat mengakses elemen tersebut. Saya sebagai user yang dapat mempengaruhi program yang dibuat menjadi suatu lingkungan luar bagi program tersebut karena programer dapat menjadi suatu pengaruh penting pada program (sistem) yang dibuatnya. Data data yang tadi merupakan suatu elemen digunakan juga sebagai suatu input yang kemudian diproses menjadi suatu output. proses pengolahan terjadi ketika sebuah perintah di berikan misalnya : melakukan proses pengurangan. Hasil dari proses pengurangan tersebut juga berupa angka yang menjadi jawaban dari perintah pengurangan tadi. Sasaran atau tujuan dibuatnya program ini adalah agar dapat melakukan proses aritmatika sederhana yaitu pengurangan, penambahan, pembagian dan perkalian.

       Pengembangan dari pemrograman diatas yang pertama kali dilakukan yaitu merencanakan perubahan yang terjadi jika masukan dari elemen elemen tersebut dimasukkan sin, cos, dan tan. Selanjutnya adalah menganalisa dampak yang terjadi  bagi program tersebut. Setelah itu melakukan proses perancangan sehingga program diatas agar bisa melakukan perhitungan untuk sin, cos , dan tan. Selanjutnya memulai tahap pembangunan program yang telah dirancang berupa penambahan dan perubahan koding koding yang ada. Setelah program kalkulator tadi mengalami perubahan, kemudian program tersebut di implementasikan dengan cara menjalankan program tersebut.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India