Sunday, January 12, 2014

Membuat Objek Bergerak dengan Blender



1. Desain Objek Utama
Bersihkan layar utama dari kotak default yang ada kemudian menambahkan sebuah mesh yang berupa UV Sphare, Sehingga objek bulat terlihat didalam layar. Objek inilah yang akan menjadi objek utama dalam aplikasi game ini.


2. Desain Objek Lingkungan
 
Objek lingkungan ini hanya terdiri dari susunan mesh kubus (cube). 
Langkah pertama dalam membuat objek lingkungan adalah menambahkan mesh kubus (cube) dengan cara menekan tombol spasi kemudian memilih mesh. Setelah objek ditambahkan, kita akan membesarkan ukuran kubus. Tombol S digunakan untuk memperbesar ukuran suatu objek.
Setelah objek kubus selesai dilakukan, langkah selanjutnya menambahkan susunan kubus pada sisi-sisi terluar. Pada bagian ini,  menggunakan fasilitas extrude dan duplicate. Fasilitas duplicate berfungsi untuk menduplikasi sebuah objek sehingga ada satu atau lebih objek yang mirip dengan objek aslinya. Tombol shift-D digunakan untuk melakukan duplicate. Kemudian kita akan juga menambahkan objek pembatas atau rintangan pada objek lingkungan. Disini kita menggunakan mesh cylinder. 
Hotkeys yang digunakan dalam membuat rintangan ini adalah tombol S, R, dan G. 
Tombol S digunakan untuk memperbesar ukuran suatu objek. 
Tombol R digunakan untuk memutar suatu objek. 
Tombol G digunakan untuk memindahkan posisi suatu objek. Langkah terakhir dalam pembuatan objek lingkungan adalah penambahan UV Unwrapping pada objek. Untuk melakukan UV Unwrapping, objek berada pada mode edit dan type draw textured. Kemudian masukkan gambar pada tipe window UV / Image Editor. Setelah gambar dimasukkan, kita kembali ke tipe window 3D view dan melakukan UVUnwrap dengan cara menekan tombol U.


3. Animasi
 
                Untuk membuat animasi mobil, kita akan memanfaatkan fasilitas logic. Fasilitas logic dapat diakses dengan menggunakan tombol F4. 
                Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tipe objek pada objek utama. Kita akan menggunakan rigid body. Rigid body dapat secara otomatis menyeimbangkan objek apabila objek tersebut berbenturan dengan objek lainnya. Setelah itu tambahkan sensor , controller dan actuators untuk melakukan gerak interaktif pada objek. Pada bagian sensor dibutuhkan 4 sensor keyboard dan pada masing-masing sensor keyboard itu dimasukkan key (tombol keyboard). Tambahkan tombol arah pada keyboard sehingga nanti hasilnya akan melakukan interaksi antara objek dengan pengguna. 
                Bagian controller juga membutuhkan 4 controller, yaitu controller AND. Controller ini berguna untuk menghubungkan antara sensor dengan keyboard. Pada bagian actuators membutuhkan 4 actuator motion untuk mengatur pergerakan atau perputaran objek. Untuk pengaturan gerak ke arah depan, tentukan Loc sebesar 0,10 pada sumbu y dan force sebesar 1,00 pada sumbu y. Untuk pengaturan gerak ke arah belakang, tentukan Loc sebesar -0,10 pada sumbu y. Untuk pengaturan gerak ke arah kanan, tentukan Rot sebesar 0,01 pada sumbu x. Untuk pengaturan gerak ke arah kiri, tentukan Rot sebesar -0,01 pada sumbu x.


Pada bagian animasi bola, pertama-tama tambahkan mesh bola (UVsphere) sebagai objek tambahan. Kemudian tambahkan juga material pada objek bola tersebut. 
Kemudian menentukan tipe objek pada objek bola. Disini menggunakan dynamic. Dengan mengatur tipe objek menjadi dynamic, maka objek bola tesebut akan dapat bergerak dan terpengaruh gaya gravitasi.
Setelah itu kita akan menambahkan sensor, controller, dan actuators pada objek bola. 
Pada bagian sensor, gunakan sensor touch sehingga jika objek bola bersentuhan dengan objek lain maka actuators akan dijalankan. 
Pada bagian controller, gunakan controller AND. Controller ini berguna untuk menghubungkan antara sensor dengan keyboard.
Pada bagian actuators, gunakan actuators motion. Untuk pengaturan gerak ke arah atas secara otomatis pada bola, tentukan force sebesar 250,00 pada sumbu z. Hasilnya adalah jika bola menyentuh sesuatu objek maka bola tersebut akan memantul ke atas sehingga secara otomatis akan terus memantul karena adanya gaya gravitasi.

Menampilkan Mouse
Pertama mari kita buat mouse tampil di layar game. Buat text baru di jendela text editor Blender dan beri nama ShowMouse.py . Kemudian isi text tersebut dengan kode berikut:
Kemudian seleksi/select camera dan pada logic editor tambahkan always sensor. Kemudian hubungkan always sensor dengan python controller.  Kemudian pada python controller pilih Script ShowMouse.py  yang telah kita buat. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:



Menggerakkan object dengan mouse

Sebelumnya mari kita membuat simple scene. Simple saja namun pergerakan object akan nampak  jelas terlihat (tambahkan object plane sebagai alas yang unik). Kemudian tambahkan object cube dan ganti nama shpare dengan Player.

Seleksi sphare dan pada logic editor berikut ini pengaturannya:

yap, tambahkan mouse sensor dan pilih Left Button lalu aktifkan true level triggering . Kemudian hubungkan mouse sensor dengan python controller. Pada python controller pilih script dan masukkan text MoveOBJ.py yang akan kita buat.
yap mari kita buat script MoveOBJ.py yang akan mendefinisikan bagaimana reaksi objek terhadap sensor left button mouse. Beginilah kira-kira isi script MoveOBJ.py :
(note script di atas saya dapat dari kombinasi dua script dari dua sumber berikut: http://solarlune-gameup.blogspot.com/2011/02/using-python-in-blender-game-engine_28.html dan http://www.youtube.com/watch?v=5AdQXcFKtuA )

Membuat layar Camera mengkikuti object player


Pertama select camera lalu pada logic editor tambahkan Always sensor dan aktifkan True level triggering. Kemudian hubungkan always sensor dengan python controller. Pada python controller gunakan Module. Module adalah script python yang terdapat pada direktori yang sama dengan file blender .blend . Module Camera2.Camera artinya kita menggunakan modul Camera dari scripts  Camera2.py .
Kemudian buat scripts Camera2.py pada direktori file .blend . Script agar Camera mengikuti object ini saya ambil darihttp://solarlune-gameup.blogspot.com/2011/02/using-python-in-blender-game-engine_28.html. Saya merekomendasikan blog ini untuk belajar Blender Game Engine dengan Python. Berikut ini isi script Camera2.py :

4. Penggunaan Actuators Game
  
Pada bagian ini,  diperlukan mesh kubus sebagai objek tambahan. Objek kubus ditempatkan tersendiri dengan tidak menyentuh objek lain. 
Langkah pertamanya adalah menentukan tipe objek pada objek kubus. Penulis menggunakan static. Dengan mengatur model menjadi static, maka objek kubus tesebut akan diam, tidak terpengaruh gaya gravitasi.
Setelah itu tambahkan sensor, controller, dan actuators pada objek kubus. 
Pada bagian sensor, gunakan sensor touch sehingga jika objek kubus bersentuhan dengan objek lain maka actuators akan dijalankan.Pada bagian controller, gunakan controller AND. Controller ini berguna untuk menghubungkan antara sensor dengan keyboard.
Pada bagian actuators, gunakan actuators game. Untuk pengaturan game didalam animasi, kita akan menentukan scene menjadi quit this game sehingga jika ada objek lain menyentuh objek ini maka animasi akan berhenti (exit).
 

5. Penempatan Kamera
 
                Secara default, pada saat animasi dijalankan, kamera akan berada tetap ditempatnya walaupun objek bergerak menjauhi kamera. Disini kita akan menggunakan kamera yang ditempatkan di belakang objek mobil dan mengikuti pergerakan objek mobil tersebut sehingga seolah-olah yang bergerak adalah lingkungannya. 
                Untuk melakukan itu diperlukan fasilitas parent. Dengan adanya parent, maka kamera akan mengikuti objek mobil kemanapun objek tersebut berpindah. Langkah pertama yang perlu lakukan adalah mengatur pandangan kamera terhadap objek mobil. Hotkeys yang digunakan dalam mengatur kamera adalah tombol G dan R. 
                Tombol G digunakan untuk memindahkan posisi suatu objek dan tombol R digunakan untuk memutar suatu objek. 
                Untuk melihat perubahan hasil dari pengaturan kamera ini, objek harus berada pada tipe window 3D View dan dalam sudut pandang kamera dengan cara menekan tombol angka 0 pada keyboard. 
                Setelah melakukan pengaturan kamera, langkah selanjutnya adalah membuat parent antara objek mobil dengan kamera dengan memilih kedua objek tersebut lalu tekan Ctrl-P (make parent).


6. Pengujian Animasi
 
Proses terakhir dalam pembuatan animasi interaktif ini adalah menguji animasi dan membuat file exe pada animasi. Pengujian animasi dapat dilakukan dengan cara menekan tombol P. 


Thanks to :
- Samp-Alam
- Yanzi
- Wiki
Reactions:

2 comments:

Febriani ria said...

diperlukan kesabarn dalam membuatnya pasti ka:)

www.kaffah.biz

fandi root said...

nice..bermanfaat..

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India