Monday, April 20, 2015

Rangkuman Artikel Seminar

Nama Seminar : Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013
Narasumber : Gunawan Budi Sulistyo dan Chandra Agustina
Tanggal Seminar : 19 Januari 2013
Tempat Seminar : Yogyakarta
                                                                                                 

Rangkuman artikel seminar :


          Narasumber dalam seminar tersebut mengangkat isu Cloud Computing untuk pembelajaran siswa. Dalam melakukan proses pembelajaran, biasa terbatas pada lamanya waktu belajar mengajar, fasilitas pengajaran seperti buku ajar atau modul. Teknik lama siswa harus mempunyai hand out dari materi yang diberikan. Cara tersebut dinilai narasumber mengakibatkan banyak masalah.

          Mengingat saat ini sebagian besar siswa sudah menguasai internet maka teknologi Cloud Computing bisa dilaksanakan untuk efisiensi waktu dan biaya. Teknologi yang diterapkan dalam lembaga pendidikan adalah :

1.    Email
Email adalah teknologi Cloud Computing yang paling sederhana. Proses pembelajaran, seperti pemberian tugas dan pengumpulan tugas menggunakan fasilitas pengiriman file-file yang disediakan email dapat membantu pengajaran.

2.    Penyedia layanan web sharing
Website ini menyediakan layanan penyimpanan file tanpa dikenakan biaya. Website ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan materi yang akan diajarkan atau semacam modul.

3.    Weblog
Agar dapat mendownload materi yang sudah diupload oleh pengajar, siswa perlu mengetahui link dari file tersebut. Oleh karena itu supaya tampilan lebih bagus dan mudah dicari maka perlu dibuat tampilan yang menarik yaitu lewat website.

4.    Googledocs
Sebuah fasilitas dari google yang memudahkan file sharing dan pembuatan dokumen secara online. Dengan menggunakan googledocs ini pengajaran dapat lebih efisien karena dapat melakukan perubahan dokumen secara online, melakukan file sharing, dokumen dapat dikerjakan bersama-sama secara bersamaan.

          Mengajar menggunakan fasilitas TI, khususnya cloud computing memang sangatlah menantang, namun ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan, yaitu :

1.    Ketersediaan bandwith.
2.    Bagaimana mengakses cloud.
3.    Penggunaan tools.
4.    Biaya recurring.

Untuk menghemat bandwith internet sekolah bisa menggunakan Eucalyptus. Sebuah software yang berada di bawah GPL dapat membuat dan mengatur private cloud maupun public. Selain itu dibutuhkan juga Ubuntu Enterprise Cloud (UEC) yang digunakan bersama dengan Eucalyptus sehingga proses instalasi menjadi sangat mudah.

Komentar ::

Saya rasa inovasi penggunaan cloud computing pada pembelajaran siswa sangatlah menarik dan memiliki potensitas yang tinggi dalam penerapannya didalam proses pengajaran dimana siswa terintegrasi dalam sebuah jaringan dalam sebuah pengajaran dan membuat efisiensi yang tinggi. Kekurangannya pada artikel ini tidak adanya penerapan dalam suatu sekolah sebagai contoh penggunaan cloud computing tersebut, sehingga pembaca tidak dapat melihat hasil secara keseluruhan dari penggunaan cloud computing pada pembelajaran siswa tersebut.

- sumber 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India