Friday, March 15, 2013

Sejarah Website

Penemu situs web pertamakali adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee,hanya saja web yang dikembangkannya belum terhubung oleh jaringan internet, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)berlokasi di Geneva, Swiss mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Sejarah Web sangatlah erat kaitannya dengan perkembangan teknologi komputer karena pada awalnya tampilan web itu sendiri masih sangat sederhana, hanya menampilkan text di dalam suatu halaman dan untuk sebuah hyperlink masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya.

Kemudian mulailah dikembangkan suatu tampilan yang lebih menarik, baik dari segi GUI (Graphical User Interface), teknologi bahasa yang digunakandan teknologi browser. Dari sinilah kemudian web berkembang dengan pesat hingga mencapai ribuan bahkan milyaran. Fungsinya pun berkembang, dari sekedar media untuk bertukar informasi hingga berupa aplikasi sistem informasi berbasis web.


Salah satu bentuk perkembangan web yaitu lahirnya definisi dari web pada akhir tahun 90-an, yaitu web yang dikenal dengan web 2.0. Web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informatif, dengan tujuan membuat pengguna semakin dekat. Salah satu ciri dari web ini adalah dengan hadirnya wiki,blog, dan social network.


Special Thanks >>> 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India